Welcome

Hallo!

wah Lama banget gak pernah nulis lagi akibat lupa password blog dan Email kena retas. Alhamdulillah akan mulai aktif lagi menulis, setelah banyak sekali catatan yang tertulis dalam buku, Note Handphone sampai yang masih ada dipikiran dan blm bisa di tuliskan menjadi barisan kata dalam blog saya. terakhir nulis sepertinya 5 tahun lalu, dan dalam kurun waktu lima tahun itu banyak sekali pengalaman yang sangat berharga dan ingin penulis sampaikan sebagai informasi yang mungkin akan bermanfaat bagi semua orang.

sejarah dari blog ini masih belom punya domain sendiri sampai akhirnya banyak perubahan seupaya semua orang bisa memanfaatkan blog ini.


 

Modul 2 Algoritma SMK RPL TKJ X

Aturan Penulisan Algoritma

Teks algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Langkah-langkah tersebut pada dasarnya dapat ditulis pada notasi apapun. Asalkan mudah dibaca dan dimengerti. Tak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma sebagaimana notasi pada bahasa pemograman. Namun, agar notasi algoritma mudah di transfer kedalam notasi bahasa pemograman, maka sebaiknya notasi algoritma tersebut berkoresponden kepada notasi bahasa pemograman secara umum. Untuk lebih lengkap boleh download gratis (caranya klik kanan dilink tersebut, terus pilih Save link As) dari link ini.

Pertama Kali Show Up dikelas bikin gemeter…

Tau kan gimana rasanya ngalamin sesuatu untuk pertama kali?

Deg-degan, tegang, keringet dingin, pengen pipis, mules, dll pokoknya 🙂

Nah kayak gitu tuh perasaan ku kala itu. TEGANG ABIS!!!

Tapi,… setelah 5 menit berlalu ternyata aku bisa juga menikmati dengan tenang tanpa ada rasa khwatir, ato pun tegang.

Ternyata menghadapi anak SMU secara lebih dekat itu membuat kita semakin mampu mengontrol / mengendalikan suatu kelas dan nyaman dengan keadaan dikelas dan malah bisa ketagihan loh buat ngajar!

Gak percaya???? alamin aja sendiri!. Heheheh

Di dukung dengan siswa yang atraktif, mau belajar dan lucu walaupun ada beberapa yang menjadi pusatnya bikin onar tapi aku menikmati banget.

Tapi….

Ditengah-tengah pembelajaran, aku kecelakaan. memang gak parah, tapi sakit banget dan berdarah. huhuhuhuhu….

Walaupun begitu, tetap tak mengurungkan niat aku untuk tetap menampilkan yang terbaik demi ketercapaian suatu pembelajaran. Jadi kalau di ibaratkan “Hujan badai menghadang… Aku akan setia memberikan yang terbaik!!!”

JADI… tetap SEMANGAT!!!

PLP ku di SMAN 1 DAYEUHKOLOT

menjelang kelulusan ku, aku ditugaskan untuk mengikuti PLP yang ditempatkan tepatnya di SMAN 1 Dayeuhkolot. sekilas memang terfikir pasti jauh banget dean rawan banjir. tapi ternyata setelah didatangi, tak sejauh dan serawan yang aku bayangkan.

SMAN 1 Dayeuhkolot berlokasi diJalan Sukapura No. 99 Bojongsoang Kab. Bandung. Sekolah ini ternyata merupakan sekolah baru yang didirikan tahun 2004 dan merupakan anak dari SMAN 1 baleendah kab. bandung. tak bisa diragukan memang, karena ternyata sekolah ini memiliki siswa-siswa yang tak kalah hebatnya dengan sekolah-sekolah negeri lain yang sudah berdiri jauh lebih lama dari SMAN 1 Dayeuhkolot.

hanya saja karena berada dalam lingkup perkampungan, terkadang orang-orang lebih menganggap kampungan, jauh dan rawan bajir.

Tak banyak memang hal-hal atau sejarah yang aku ketahui dari sekolah ini tapi Setelah beberapa kali datang ke SMAN 1 Dayeuhkolot, aku merasakan sesuatu yang berbeda. Aku berharap bisa ikut berpartisipasi bukan hanya sebagai praktikan saja, tapi juga sebagai salah satu pendidik yang ikut memajukan dan memberikan perubahan baik bagi pendidikan di bangsa ini.

hal ini ditambah karena aku terkesan oleh salah seorang siswa kelas xii yang akan menghadapi ujian nasional senin lusa juga yang memang memiliki kecintaan terhadap sekolahnya.

Semoga ini menjadi suatu cita-cita yang ingin aku wujudkan.

Steven Johnson Syndrome (SJS), Buat A Besar

apa yang ada dalam benak orang tua, adik, kakak dan keluarga tercinta begitu menyaksikan salah seorang putra tersayang terkena suatu penyakit yang sangat awam atau bahkan belum pernah di dengar  sebelumnya?

itu terjadi pada kakak tertuaku yang selalu aku panggil Abesar, karena dia anak paling besar dan cucu tertua dari seluruh kluarga ibu dan babahku.

Penyakit itu menimpanya pada saat aku duduk di semester 3 kuliahku.

Aku dan keluargaku hanya mengira demam biasa. tapi tingginya melebihi demam yang biasa terjadi pada orang sakit. saat itu juga kami bawa ia kerumah sakit. Tapi karena masih diangap biasa, akhirnya ia disuruh pulang. tak lama setelah pulang, pada pagi harinya ia mengeluh ksakitan pada bagian punggung. saya menawarkan untuk memijat, betapa kagetnya saat dipijat ia meraung ksakitan. berinisiatif,  saya buka baju bagian belakangnya. astagfirullah…. ada bintik bintik kmerahan seperti cacar air. om ku bilang “coba dikasih talk, mungkin karena panas jadi keluar” istilah orang sunda. tapi tak ada reaksi sedikitpun. Tanpa nunggu lama, saat itu juga kami kembali kerumah sakit.

dengan diagnosa awal terkena cacar air, kakaku akan dimasukan ke isolasi karena ditakutkan akan menular ke pasien lain. tapi karena penuh akhirnya ia masuk ruang VIP. setelah itu, bitik-bintik merah itu semakin membesar dan berwarna merah padam itu menimpa seluruh tubuh tanpa terkecuali pada bagian kemaluannya. pada kesokan harinya ia mulai tidak kuat terkena cahaya, ia meminta seluruh gorden dan lampu dimatikan, matanya mulai berair dan me merah. pada saat itu juga ada beberapa dokter yang ikut menangani. ada dokter special dalam, kulit, dan mata. setiap perubahan , memerlukan penangana khusus dr tiap dokter karena tidak boleh sembarang obat masuk.

setelah sekian lama terbaring drumah sakit, akhirnya dokter memberikan izin untuk perawatan drumah mengingat penyakit yang diderita sudah mulai pulih meskipun virusnya masih aktif.

dampak terbesar terbesar terjadi terhadap kedua matanya. mata sebelah kiri sudah mulai tertutup dan tak bisa digunakan sebagai mana mestinya alias sudah tak dapat melihat. diibaratkan benang kusut yang tak dapat diurai kembali dan syaraf2nya sudah mati dan tak bisa digunakan kembali.

sedih banget dengernya, apalagi kedua orang tua yang tak bisa menemani saat itu sangat terpukul dengan kejadian ini. mengingat kakakku adalah anak kesayangan.

berbagai upaya telah dilakukan, semua syare’atnya juga telah kami laksanakan dengan harapan akan datang keajaiban. namun takdir tak dapat di bantah dan dirubah, setiap kejadian adalah anugrahnya yang patut kita syukuri.

Dengan berbekal mata sebelah kanan dan berkat semangat hidup yang tinggi, akhirnya kakakku bisa merampungkan skripsinya di fakultas Manajemen UNISBA dan bisa mengikuti wisuda bersama teman-temannya yang sangat ia sayangi dan banggakan.

waktu berjalan dengan begitu cepat sampai pada akhirnya suatu ketika tepatnya tgl 2 februari kita sekeluarga berangkat ke karawang untuk menghadiri pernikahan adik sepupu kami dengan menggunakan mobil km rental. setelah pulang dari sana, karena waktu untuk meminjam mobil masih lama kakak ku memutuskan untuk pergi ke tempat pemandian air hangat di sumedang.

sepulang dari sana, kakakku masih sehat-sehat saja. tapi begitu pagi tiba tanggal 3 februari 2008, kakakku yang sedang duduk dikursi sudut hijau khas timur tengah kesayangannya itu memintaku untuk melihat bola matanya. dia mengeluh kalo matanya tiba-tiba buram. tak lama kemudian, matanya sudah tak dapat melihat lagi. sakit rasanya hatiku melihat kenyataan yang begitu pahit menimpa kakak dan wawa tercinta dari anakku nazwah. baginya, anakku adalah semangat hidupnya.

harapan itu muncul ketika kedua orang tua kami pulang dari mekkah. ibuku berkonsultasi ke JEC. disana kakakku dikatakan bisa didonor. mendengar hal itu kami sekeluarga sangat bahagia sekali terutama kakakku. berbagai harapan diucapkan oleh kakakku, :

“klo aa udah bisa liat, aa pengen liat kaka nazwah (anakku), aa pengen nonton, aa bisa kemana-mana lagi, dll ”

seneng banget! tibalah saatnya untuk check up sebelum dilakukannya operasi. tapi tiba-tiba hal buruk terjadi pada mata yang akan didonor tersebut. terjadi pendarahan hebat dan mengharuskan matanya diangkat.

Astagfirullohala’dzim…… berita itu untuk ke2 kalinya terdengar dtelinga kami. kami sekeluarga sangat sedih. tapi berbeda dengan kakakku yang mengalaminya, dia terkesan sangat santai dan sangat menerima hal itu. meliaht hal itu, kami sudah tak memiliki alasan untuk selalu bersedih. kami sadar bahwa kami harus selalu menjadi semangat untuknya.

saat ini kedua matanya telah diangkat dan diganti dengan mata palsu.

semoga dengan hal ini kita mendapat pelajaran berharga dan bisa lebih berhati-hati terhadap obat-obatan yang beredar dipasaran, jgn sembarang minum obat. dan selalu tawekal, bersyukur dan sabar akan semua hal yang telah diberikan oleh yang  maha kuasa enatah itu bahagia ataupun duka.

terima kasih atas semua perhatian dan kasih sayang yang telah orangtua, keluarga, sahabat dan orang sekitar berikan kepada kakakku H.cecep ahmad kurnia.

Guruku tersayang

Dedicate to my match teacher in elementary school .

Teman teman punya guru favorit yang jadi idola semua murid di sekolah dan benar-benar bikin kita terkagum-kagum kan? entah itu sewaktu SD, SMP, SMA, atau bahkan dosen sewaktu masih kuliah.

Ternyata, untuk menjadi seorang guru yang kita idamkan itu gak mudah loh. Bagaimana caranya seorang anak bisa mempercayakan masalah pendidikannya ke tangan seorang guru?

Nah, disini kita bahas yuk?

Menjadi seorang guru selain harus pintar dan cerdas serta pandai mengajar atau transfer ilmu, ternyata seorang guru di tuntut menjadi seorang yang mengerti mengenai ilmu psikologi. ko bisa ya?

Ada berbagai macam ilmu psikologi. Psikologi umum dan psikologi perkembangan yang digunakan dalam ilmu pendidikan untuk mengetahui perkembangan apa yang sedang terjadi pada siswa sehingga seorang guru mampu mengetahui ciri-ciri serta cara untuk menghadapi serta memberikan semangat apa yang dibutuhkan seorang siswa dalam menghadapi suatu sistem pendidikan atau proses pendidikan itu sendiri. selain itu ada juga psikologi belajar yang digunakan untuk mempelajari tingkah laku manusia mengenai belajar terutama mengupas bagaimana cara individu belajar dan melakukan pembelajaran guna untuk kesuksesan suatu pendidikan.

Selain mengetahui dan memahami bidang psikologi, seorang guru merupakan figur setelah orang tua yang sangat berpengaruh terhadap suatu kehidupan manusia. Dimana seorang guru mampu membuat seorang siswa yang tidak mampu menuruti orang tua bisa tunduk terhadap perkataan seorang guru. sebagai contoh putri saya selalu mengatakan “Ma kata ibu guru kalo pulang sekolah gak boleh main dan harus langsung pulang kerumah, ganti baju dan tak lupa makan siang”. Bayangkan oleh anda, anak berusia 2 tahun bisa mengerti apa yang katakan oleh seorang guru mengenai disiplin?. Ilmu apa yang dimilliki seorang guru sehingga anak bisa begitu mengidolakan dan menuruti apa yang seorang guru katakan?

Itulah mengapa sebabnya saya begitu penasaran dan ingin menjadi seorang guru. Karena saya pun menginginkan hal yang sama yang guru-guru hebat dan profesional itu lakukan. Selain mencerdaskan anak bangsa, guru juga membuat anak memiliki budi pekerti serta nilai kejujuran yang tinggi.

Semoga sayapun bisa menjadi guru profesional yang baik, jujur serta memiliki dedikasi untuk menjadikan profesi guru itu adalah profesi yang terbaik. Tanpa bantuan seorang guru, kita tak dapat menjadi seperti sekarang ini.

Terimakasih Guruku tersayang… JASAMU TIADA TARA.